Saya adalah orang yang paling malas didunia ini, status saya adalah single berfaedah untuk dunia ini

GOPATH Dan Workspace

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum bisa masuk ke sesi pembuatan aplikasi menggunakan Golang, yaitu setup workspace untuk Project yang akan dibuat.

Gopath
GOPATH adalah variabel yang digunakan oleh Golang sebagai rujukan lokasi dimana semua folder project disimpan. Gopath berisikian 3 buah sub folder: src, bin, dan pkg.

Project di Golang harus ditempatkan dalam $ GOPATH/src. Sebagai contoh anda ingin membuat project dengan nama belajar, maka harus dibuatkan sebuah folder dengan nama belajar, ditempatkan dalam src ($GOPATH/src/belajar).

NB: Path separator yang digunakan sebagai contoh di buku ini adalah slash /. Khusus pengguna Windows, path separator adalah backslah \.

Setup Workspace
Lokasi folder yang akan dijadikan sebagai workspace bisa ditentukan sendiri. Anda bisa menggunakan alamat folder mana saja, bebas, tapi jangan gunakan path dimana golang di-install (jangan sama dengan GOROOT). Lokasi tersebut harus didaftarkan dalam path variable dengan nama GOPATH. Sebagai contoh, penulis memilih path $ HOME/Documents/go, maka saya daftarkan alamat tersebut.

  • Tambahkan path folder tersebut ke path variable dengan nama GOPATH. Setelah variabel terdaftar, cek apakah path sudah terdaftar dengan benar.
  • Setelah GOPATH berhasil dikenali, perlu disiapkan 3 buah sub folder didalamnya, dengan kriteria sebagai berikut:
    • Folder src, adalah path dimana project golang disimpan
    • Folder pkg, berisi file hasil kompilasi
    • Folder bin, berisi file executable hasil build
Struktur diatas merupakan struktur standar workspace Golang. Jadi pastikan penamaan dan hirarki folder adalah sama.

Tidak ada komentar